BERIKUT BERAGAM HEWAN MAMALIA YANG PERLU ANDA TAHU

Hewan mamalia adalah hewan yang beranak dan menyusui. Hewan ini berbeda dengan hewan-hewan lainnya yang biasanya bertelur dan tidak menyusui. Hewan mamalia memiliki ciri-ciri yaitu memiliki rambut atau bulu pada tubuhnya, memiliki kelenjar susu, berdarah panas dan juga hewan vertebrata atau bertulang belakang. Hewan mamalia juga ada yang hidup di darat maupun di laut. Hewan ini banyak juga yang dijadikan sebagai hewan peliharaan seperti kelinci, sapi, kambing, kucing dan lain-lain. keturunan hewan mamalia juga ada yang bertelur akan tetapi juga termasuk hewan mamalia karena dilahirkan dari mamalia. Hewan ini biasanya mempunyai kaki empat dan juga memiliki dua kelompok yaitu pemakan tumbuhan dan pemakan daging.  

Hewan Mamalia Yang Hidup Di Air

Pernahkah kamu berpikir bahwa hewan mamalia bisa hidup di air? hewan mamalia tersebut bisa hidup di laut, danau maupun sungai. Inilah beberapa hewan mamalia yang hidup di air yang wajib kamu ketahui:

  • Paus

Siapakah yang tidak tahu paus? Paus adalah hewan mamalia terbesar yang hidup di laut yang saat ini kita ketahui. Paus bukanlah termasuk ke dalam keluarga ikan karena paus tidak mempunyai insang. Paus bahkan bernapas menggunakan paru-paru seperti manusia. Tidak hanya itu, paus juga melahirkan. Hewan yang memiliki tubuh yang besar ini juga memiliki beberapa jenis diantaranya paus orca, biru, bungkuk, beluga, kepala busur dan lain-lain. Paus disebut dengan karnivora karena memakan hewan-hewan laut.

  • Dugong

Dugong atau biasa disebut dengan duyung ini adalah salah satu sapi laut karena herbivora atau pemakan rumput. Dugong biasanya hidup di lautan yang dangkal yang banyak memiliki rumput laut. dugong juga bisa hidup mencapai usia 22 sampai 25 tahun di dunia. dugong ini memiliki moncong yang menghadap ke bawah yang digunakan untuk menjamah rumput laut yang tumbuh di dasar perairan. 

  • Lumba-lumba

Lumba-lumba biasa kita temui di kebun binatang atau di akuarium besar. Hewan ini salah satu hewan yang paling cerdas. Hewan ini bisa berenang dengan cepat dan dapat memperkecil gesekan dengan air.  ada kurang lebih 40 jenis lumba-lumba yang hidup di dalam air. Hewan ini juga tidak memiliki insang namun paru-paru. Yang sesekali menyembul ke dari air ke udara untuk mengambil nafas menggunakan lubang udara yang terletak di atas kepalanya. Hewan ini biasanya hidup berkelompok dengan lain-lain untuk bertahan hidup bersama-sama. 

  • Anjing laut

Anjing laut adalah mamalia yang bisa hidup di darat maupun di laut. Anjing laut juga kerap dari beruang. Ini makanya hewan ini memiliki tubuh yang besar. Dan juga dengan rupa yang mirip dengan berang-berang. Hewan ini adalah karnivora yang biasanya memakan ikan, cumi dan hewan laut lainnya. Hewan ini juga predator bagi penguin. 

  • Walrus

Walrus adalah hewan mamalia sejenis anjing laut yang memiliki gading panjang di bagian mulut depannya. Hewan ini dapat kita temukan di kutub utara. Hewan ini kerap muncul di film kartun Ice Age. Walrus merupakan hewan yang memakan daging atau karnivora. Walrus hidup di pedalaman laut yang dalam untuk mencari makanan.

Nah, itulah beberapa jenis hewan mamalia yang hidup di air. hewan-hewan tersebut dapat kita temukan di laut yang dalam. Hewan di atas juga tidak memakan manusia. Mereka adalah hewan mamalia yang bernapas menggunakan paru-paru yang terkadang menembus keluar air untuk mengambil napas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *